Minggu, 07 Juni 2015

agenda uas kelas f2



AGENDA TUGAS UAS KELAS F2 STAIN KUDUS TARBIYAH PAI
1)     Mata kuliah MANAGEMENT PENDIDIKAN UAS nya berupa ujian tertulis !!! silahkan di pelajari buku nya masing-masing
2)     Mata kuliah PSIKOLOGI PERKEMBANGAN tugas TAKE HOME. . jawabannya ditulis di kertas folio soalnya ada di bawah silahkan dikerjakan !!!
3)     Mata kuliah FILSAFAT ILMU tugas TAKE HOME.. jawabannya ditulis di kertas folio . . soalnya ada di bawah  silahkan dikerjakan !!!
4)     mata kuliah  SKI tugasnya membuat RPP selanjutnya di presentasikan di ruangan bu rini
5)     mata kuliah  AQIDAH AKHLAQ UASnya TERTULIS . silahkan pelajari dari BAB mata pelajaran tingkat SMA dari kelas 10-12
6)     mata kuliah MASAIL FIQIH. UASnya tinggal tanda tangan saja
7)     mata kuliah PERENCANAAN  PENDIDIKAN tugas TAKE HOME menganalisis data perencanaan sekolah yang ada disekolah masing-masing !!!
8)     mata kuliah BIMBINGAN DAN KONSELING tugas TAKE HOME membuat kliping lalu di analisis . berikut dbawah ini judulnya :
a.      profesionalisme dalam BK ( minimal 3 kliping + analisis )
b.      supervisi dalam BK ( minimal 3 kliping + analisis )
c.      anak berbakat dalam BK ( minimal 3 kliping + analisis )










  

PANITIA UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
TAHUN AKADEMIK 2014/2015
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
Jl. Conge, Ngembalrejo Kotak Pos 51 Telp. (0291) 432677 Fax. 441613 Kudus
Mata Kuliah        : Psikologi Perkembangan              Jenjang                 : S1-PAI/Sem 6                  Jam: -
Dosen                   : Suciati, M. Pd                                 Bobot                   : 2 sks
Hari/Tanggal       : Senin, 15 Juni 2015                       Ruang                   : 12D

Lakukan analisis singkat terhadap orang-orang berikut dan isilah poin-poin yang ada!
No
Nama
Perkembangan yang sesuai
Perkembangan yang tidak sesuai/masalah
Analisis
 (faktor penyebab masalah)
Solusi
1
Kakek/nenek-dewasa akhir




2
Bapak/ibu-dewasa tengah




3
Diri kalian sendiri-
remaja akhir/dewasa awal




4
Adik/keponakan-anak-anak




5
Bayi (siapapun)







Note:
Meskipun UAS masih lama dan liburan panjang, Ightanimi khomsan qobla khomsin (farooghoka qobla syughlika)-Gunakan masa luangmu sebelum datang masa sempitmu. OK??? Jangan mengeluh. Apapun dan berapapun tugasnya, hajarrr...................................!!!
Good luck!









SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
Kelas                    : D2, F2, I2, J2, C LK                                      Bobot                   : 2 SKS
Semester              : 2                                                                       Sifat Ujian           : Take Home Examination
Dosen                   : Riza Zahriyal Falah, M.Pd.I                         Mata Kuliah        : Filsafat Ilmu
Ketentuan menjawab soal ujian
·        Jawaban ditulis tangan dikertas folio
·        Jawablah soal-soal yang ada hingga genap minimal 100 point

Jawablah soal-soal di bawah ini!
1.      Filsafat, bisa dibilang dalam posisinya sebagai ilmu, sangat rumit dan sulit menurut sebagian orang untuk dipelajari. Dalam sejarah perkembangannya, terutama perkembangan dikalangan umat Islam, filsafat mengalami periode pasang surutnya sendiri. Permasalahan penggunaan filsafat timbul ketika ilmu ini mulai masuk ke ranah pengetahuan agama yang sifatnya teosentris berdasar wahyu Tuhan memakai alat bedah bernama filsafat yang menggunakan rasio atau akal, yang kemudian menimbulkan pro dan kontra dalam penggunaannya, bahkan dalam mempelajarinya. Pertama, Mengapa menurut anggapan sebagian orang, filsafat itu rumit dan sulit untuk dipelajari?. Kedua, Bagaimana permasalahan pro dan kontra dalam mempelajari dan menggunakan filsafat menurut pendapatmu? (15 Point)
2.      Sebagaimana Rene Descartes yang mengatakan “aku berfikir maka aku ada”, Filsafat dianalogikan sebagai kegiatan berfikir, tapi belum tentu setiap kegiatan berfikir disebut berfilsafat.
a)      Berfikir seperti apakah yang disebut berfilsafat?
b)     Jelaskan tentang objek filsafat? (10 Point)
3.      Apakah ada perbedaan berfikir biasa, berfikir ilmiah, dan berfikir filsafat?  Jelaskan! (10 Point)
4.      Filsafat, agama dan ilmu merupakan tiga titik pencarian kebenaran. bagaimana pendapatmu tentang posisi ketiga entitas tersebut dalam kehidupan manusia? (10 Point)
5.      Sebagaimana kebudayaan yang akan selalu berkembang, Ilmu pengetahuan juga seperti itu adanya, diibaratkan seperti sebuah bangunan yang tidak pernah akan selesai (never ending process), ia tegak karena ditopang oleh tiga tiang utamanya. Jelaskan mengapa ilmu itu never ending process dan sebutkan serta jelaskan tiga tiang penyangga ilmu pengetahuan yang dimaksud! (15 Point)
6.      Salah satu cabang Filsafat yang menjawab permasalahan-permasalahan dalam pengetahuan di sebut filsafat pengetahuan. Filsafat ilmu merupakan cabang dari filsafat pengetahuan.
a.      Apa yang sebenarnya yang menjadi kajian utama atau ruang lingkup kajian dari disiplin Filsafat Ilmu?
b.      Apa manfaat Filsafat Ilmu menurut pendapatmu  sebagai seorang calon pendidik masa depan? (15 Point)
7.      Pengetahuan ilmiah merupakan pengetahuan yang memiliki sifat obyektif, kritis, rasional, logis, dan terbuka. Dalam melakukan kegiatan ilmiah, seorang ilmuan dituntut untuk mempunyai sikap ilmiah, untuk menghasilkan pengetahuan yang ilmiah tadi. Sebutkan dan jelaskan sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang ilmuan! (10 Point)
8.      Pada awal perkembangannya, ilmu belum diklasifikasikan seperti pada saat ini. Klasifikasi terhadap ilmu baru dilakukan ketika objek yang diteliti dan metode yang digunakan berbeda.
a.      Sebutkan objek yang menjadi perhatian ilmu?
b.      Sebutkan dan jelaskan metode yang digunakan dalam kegiatan ilmiah? (10 Point)
9.      Dalam perkembangannya, terjadi perdebatan apakah ilmu itu harus bebas nilai atau terikat nilai. Bagi yang menganggap ilmu bebas nilai, dikarenakan posisi kegiatan ilmiah tidak dipebolehkan terikat oleh norma atau nilai tertentu, karena akan menghalangi perkembangan ilmu itu sendiri. Sedangkan yang beranggapan ilmu tidak bebas nilai, dikarenakan tujuan dari pengembangan ilmu pasti dipengaruhi oleh kepentingan-kepentingan tertentu. Bagaimana pendapatmu? (15 Point)
10.   ilmu teoritis dan ilmu praktis. Jelaskan perbedaan keduanya serta beri contoh ilmu yang masuk pada kedua jenis ilmu tersebut! (10 Point)
11.   penalaran dibutuhkan ketika akan menarik suatu kesimpulan dari kegiatan ilmiah. Sebutkan jenis penalaran dalam kegiatan ilmiah serta beri contoh masing-masing! (10 point)
12.   ketika ilmu dan teknologi berkembang, kebudayaan juga akan ikut berkembang ke arah yang lebih baik. Setujukah kamu dengan pendapat tersebut? Jelaskan pendapatmu! (10 Point)
13.   verifikasi dan falsifikasi merupakan teori-teori pengujian ilmiah. Jelaskan kekurangan dan kelebihan kedua teori tersebut! (10 Point)

مع النجاح

SELAMAT BERMUMET-MUMET RIA KAWAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar